Kamis, 13 September 2007

Referensi Metode Penelitian

III. Pedoman Laporan Penelitian
A. Halaman Sampul Depan
Halaman Sampul depan memuat: Logo Unissula, Tulisan Laporan Penelitian, Judul Penelitian, Nama Peneliti, Fakultas dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Bulan dan Tahun, dengan cover sesuai warna Fakultas Masing-masing sebagai berikut: Kedokteran (Hijau), Teknik (Biru), Hukum (Kuning), Ekonomi (Abu-abu untuk Manajemen dan Merah untuk Akuntansi), Agama Islam (Putih), Teknologi Industri ( Orange), dan Psikologi (Ungu). Contoh Sampul Depan Laporan Penelitian (lihat lampiran C)
B. Halaman Judul
Halaman judul memuat : Judul, Lambang Unissula, nama peneliti, Fakultas, tulisan Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan waktu pengajuan Contoh Halaman Judul laporan penelitian (lihat lampiran D)
C. Halaman Pengesahan
Halaman ini memuat Judul, identitas peneliti, jumlah tim peneliti, lokasi penelitian, pembiayaan penelitian, jangka waktu penelitian, biaya yang diperlukan, tanda tangan ketua peneliti, Dekan Fakultas dan Kepala Lembaga Penelitian. (lihat lampiran E)
D. Kata Pengantar
Kata pengantar berisi ucapan terima kasih dari peneliti karena dapat menyelesaikan penelitian dengan baik, disamping itu juga memuat tujuan mengapa dilakukan penelitian. Pada alinea akhir di uraikan manfaat penelitian dan kritik atau saran yang dapat disampaika oleh pembaca.
E. Daftar Isi
Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara jelas menyeluruh tentang isi hasil penelitian dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat suatu bab atau anak sub judul. Di dalam daftar isi tertera urutan judul, sub judul, dan anak sub judul disertai dengan nomer halamannya.
F. Daftar Tabel
Jika dalam penelitian terdapat banyak tabel, perlu adanya daftar tabel yang memuat urutan judul tabel beserta dengan nomor halamannya.
G. Daftar Gambar
Daftar gambar berisi urutan judul gambar dan nomer halamannya. Perlu tidaknya suatu daftar gambar tersendiri, sama persyaratannya dengan daftar tabel.
H. Daftar Lampiran
Daftar lampiran dibuat bila hasil penelitian dilengkapi dengan lampiran yang banyak dan isinya adalah urutan judul lampiran dan nomer halamannya.
I. Abstraksi
Ditulis dalam 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, yang merupakan uraian singkat tetapi lengkap tentang latar belakang penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian dan hasil penelitian serta kesimpulan. Umumnya abstraksi terdiri atas 3 alenia dan panjangnya tidak lebih dari satu halaman. Abstraksi diikuti kata kunci dibawahnya.
J. BAB I Pendahuluan
Bab ini pada dasarnya merupakan pengembangan dari materi proposal penelitian, peneliti dapat memberikan tambahan teori atau temuan-temuan yang relevan untuk penyempurnaan penelitian, terutama menyangkut latar belakang penelitian.
K. BAB II Tinjauan Pustaka
Dalam tinjauan pustaka, diuraikan variabel-variabel yang akan diteliti, peneliti dapat mengembangkan referensi dengan menambahkan berbagai hasil penelitian terdahulu yang relevan dan juga menambahkan pustaka yang lain untuk kesempurnaan penelitian.
L. BAB III Metode Penelitian
Metode penelitian menuntun setiap tahapan penelitian, apabila dalam pelaksanaan penelitian terjadi berbagai perubahan metode penelitian, maka peneliti dapat menyempurnakan.
M. BAB IV Hasil dan Pembahasan
Dalam bab ini mengungkap semua hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti. Hasil penelitian dapat dilakukan dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Pembahasan penelitian bersifat mengungkap hasil penelitian secara lebih mendalam, misalnya mengkaitkan dengan hasil penelitian-penelitian terdahulu, mengkaitkan dengan perkembangan teori, atau merupakan suatu temuan baru.
N. BAB V Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan bersifat menyimpulkan penelitian yang telah diperoleh, dan menjawab tujuan yang ditetapkan. Saran hendaknya yang bersifat implikatif, baik untuk pengembangan ilmu/teori maupun untuk kebijakan.
O. Daftar Pustaka
Daftar pustaka hendaknya diacu dalam laporan, diambil dari literatur-literatur tahun terbaru, dan sumbernya dapat berasal dari buku teks, jurnal ilmiah, majalah ilmiah, hasil penelitian terdahulu dll. (lampiran G)
P. Lampiran-lampiran
Lampiran-lampiran berisi antara lain: kelengkapan data dan hasil analisis, kelengkapan gambar, data diri peneliti dan anggota peneliti.

Tidak ada komentar: